Skip to main content

Menginstall VoIP di Nokia E51

VoIP (Voice over IP) adalah solusi koneksi telpon lewat Internet. Pada suatu jaringan VoIP ada sebuah komputer yang berfungsi sebagai Sentral Telpon atau Operator, komputer ini di sebut sebagai Server. Sedangkan pesawat-pesawat telpon pelanggannya berupa komputer atau perangkat-perangkat lain (termasuk smartphone) yang terhubung dengan internet.


Salah satu server VoIP indonesia adalah http://voiprakyat.or.id yang disponsori oleh bapak Onno Purbo. VoIPRakyat ini dibuat dari rakyat Indonesia untuk rakyat Indonesia alias gratis.



Baru-baru ini, aku barusan pasang wifi router di rumah. Harga router wifi sekarang sudah murah, aku beli DLink type DIR-600 seharga Rp 235 ribu rupiah dan itupun agak kemahalan karena begitu selesai beli aku check harganya di bhineka.com cuma Rp 218 ribu he..he... Kebetulan aku punya HPku adalah nokia E51 yang mempunyai fasilitas wifi dan ada fitur Internet Telephone, jadi aku pikir tentunya HP ini bisa dimanfaatkan untuk voip dan ternyata memang bisa he..he...Berikut langkah-langkahnya:





1. Registrasi

Daftar dulu untuk mendapatkan nomor telpon di voiprakyat lewat http://voiprakyat.or.id/?inc=signup&op=user , setelah pendaftaran berhasil anda akan mendapatkan voip id dan nomor telpon. Nomor telpon ini juga akan dikirim ke email anda untuk arsipnya. Di bawah ini adalah email konfirmasi pendaftaranku:

=== 8< =========

Halo Bambang Pranoto



Selamat datang di VoIP Rakyat.



Di bawah ini adalah account ID dan password anda yang dapat anda gunakan untuk login ke VoIP Rakyat baik melalui website http://www.voiprakyat.or.id atau dengan VoIP Rakyat Communicator dan SIP/IAX2 softphone lainnya.



VoIP ID : nnnnnn (berupa 6 digit angka)

IM ID : bpranoto

Password : *****



Nomor telepon VoIP anda adalah : nnnnnn (sama dengan VoIP ID di atas)



Nomor lengkap telepon VoIP anda adalah : +62 848 1001 nnnnnn (tanpa spasi)



SIP proxy atau IAX gateway kami adalah : voiprakyat.or.id

IM server kami adalah: voiprakyat.or.id



Gunakan IM ID sebagai Account ID anda untuk login ke IM server voiprakyat.or.id menggunakan VoIP Rakyat Communicator.



Summary:

SIP address anda : nnnnnnn@voiprakyat.or.id

XMPP ID/JID dan email anda : bpranoto@voiprakyat.or.id



Salam hangat,

VoIP Rakyat Development Team.

=== 8< =========

Informasi penting di sini adalah: VoIP ID, password dan alamat server yaitu voiprakyat.or.id



2. Konfigurasi SIP di Nokia E51

SIP (Session Initiation Protocol) adalah protocol yang dipergunakan untuk VoIP

Akses lewat Menu => Tools => Settings => Connection => SIP Settings

Option -> Add new -> Use Default Profile

Isikan data-datanya sbb:

Profile name : voiprakyat atau apa saja terserah anda

Service profile: IETF

Default Access Point: pilih salah satu dari access point yang ada

Public Username: sip:nnnnnn@voiprakyat.or.id (nnnnnn adalah VoIP ID anda, lihat step 1 )

User compression: No

Registration: When needed

Use Security: No

Proxy Server: (tidak usah diset, atau set sesuai kebutuhan)



Registrar Server:

Registrar Server address: sip:voiprakyat.or.id

Realm: voiprakyat.or.id

Username: nnnnnn (nnnnnn adalah VoIP ID anda dari point 1)

Password: ****** (sesuai password yang anda dapat dari point 1 )

Transport Type: UDP

Port: 5060



Konfigurasi SIP selesai.



3. Konfigurasi Internet Tel di Nokia E51

Akses lewat Menu => Tools => Settings => Connection => Internet tel.

Option -> New Profile

Name -> VoIPRakyat atau terserah anda

SIP Profiles -> VoIPRakyat (sesuai dengan yang anda set di poin 2)



4.Cara menggunakan panggilan voip

Untuk dapat melakukan panggilan VoIP pastikan ada koneksi Internet tersedia di HP anda.



Lewat home screen, tekan nomor yang akan dipanggil (contoh: 901 nomor test voiprakyat), jangan tekan tombol dial (warna hijau) tapi tekan Option -> Call -> Voice Call -> Internet Call



Untuk menyimpan di Daftar Kontak, simpan nomor telpon di field Internet telephone dengan format nomor seperti ini: 901@voiprakyat.or.id



Untuk membuat panggilan lewat Daftar Kontak, buka record kontak yang akan dihubungi, sorot Internet telephone kemudian tekan tombol dial (warna hijau).



Yang disayangkan, saat ini belum ada konektifiti antara voiprakyat dengan nomor telpon PSTN dan cellular sehingga kita hanya bisa saling berhubungan antara nomor voiprakyat saja.



Besok aku akan coba register dan install di BB istriku. Buat teman-teman (ma'af hanya bagi yang benar-benar kenal sama aku) yang sudah mencoba dan berhasil silahkan kirim message untuk nomor telpon voipku.

Comments

  1. sayangnya koneksi internet mobile di sini, khususnya Bandung dan daerah sekitarnya, jelek, jadi kalau mau pakai voip di hp sering malahan putus :(
    Kalau pakai speedy baru lumayan, tapi kalau di speedy kan berarti ada di rumah, kalau di rumah mending pakai komputer lebih nyaman.
    Saya belom nyoba sih, tapi bisa nggak ya connect ke pemakai voip di 'provider' lain?

    ReplyDelete
  2. harusnya bisa, manggilnya harus dengan nomor lengkap: 1234@voiprakyat.or.id

    ReplyDelete
  3. menelpon lewat pesawat telpon mestinya lebih nyaman dari pada telpon lewat komputer dong .. :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Install Sketchup 2017 64 bits on Linux Ubuntu 16.04 64 bits

Install Sketchup 2017 64 bits on Linux Ubuntu 16.04 64 bits: 1.Enable 32 bit architecture: $sudo dpkg --add-architecture i386  2. Set wine PPA $sudo add-apt-repository ppa:wine/wine-builds Update repository $sudo apt-get update 3. Install wine newest staging branch version $sudo apt-get install --install-recommends winehq-staging 4. Ensure we get a 64bits wine, edit file ~/.profile and locate for text: export WINEARCH= If the value is win64 you are good, if the value is win32 change it to win64. Save the file. Ensure the environment variable also set to win64 by typing command: $export WINEARCH=win64 5. Download winetricks: $wget https://raw.githubusercontent.com/Winetricks/winetricks/master/src/winetricks    Don't forget to set the attribute so it is executable $chmod +x winetricks 6. Run winetricks $./winetricks Inside winetricks: Choose Select the default wineprefix, click OK Choose Install a Windows DLL or component, click OK Choos

Program timbangan elektronik, sebuah program Windows yang dijalankan di Linux.

Kemarin, mumpung hari libur aku setup program timbangan digital baru di kantor. Program yang lama merupakan program DOS yang aku tulis dengan menggunakan Clipper, program ini berjalan dengan baik di linux dengan bantuan dosemu. Program baru merupakan program Windows. Salah satu improvement dalam program ini adalah support untuk beberapa jenis indikator. Program diinstall di linux dengan wine versi 1.1.20. Beberapa catatan dalam instalasi program ini di wine: Pencetakan slip bukti timbangan dan laporan-2 menggunakan printer Dot Matrix. Apabila pencetakan dilakukan lewat printer driver, pencetakan dengan printer dot matrix akan menjadi sangat lambat plus hasil buruk plus boros pita... :) Oleh karena itu, program ini melakukan pencetakan langsung melalui printer port lpt1. Di windows, hal ini tidak menjadi suatu permasalahan, di linux dengan wine, maka lpt1 akan dimap ke /dev/lp0. Masalahnya, owner dari device ini adalah root dan group lp. Secara default user-user di Ubuntu (..nggak tahu

NOTEPAD++ SOURCECOOKIFIER SETTING FOR CLIPPER LANGUAGE

Notepad++ is a very excellent programmer editor for Windows. It has plugin system which enhances it's functionality. Sourcecookifier is a plugin I like very much, it is a simple plugin which shows the outline of your source code. The screenshot below shows a pascal (delphi) source code. We can easily see the structure of the source code, and we can go to a particular method/function just by one click. Sourcecookifier recognizes several programming languages, but it does not support Clipper language. Fortunately, it is very easy to add Clipper configure. Follow this step: Click setting icon (the yellow gear icon) on the sourcecookiefier window. Click Language Settings On the setting form, type Clipper on the language box and click add. Set the file extension setting, add .prg to the extenson box On Tag Type choose any letter you like. Here I add “f” for “function” (any letter will be fine) On Appearance box, you can write the de